Rabu, 08 Agustus 2012

Tumbuhkan Pendidikan Berkarakter Generasi Bali

Suara Mahasiswa, Bali Post Rabu Wage 8-8-2012.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa modal utama suatu pembangunan bangsa bukan terletak pada sumber daya alam yang persediaannya semakin menipis tetapi lebih-lebih  kepada kualitas sumber daya manusia  yang mampu memberikan perubahan. Sumber daya manusia tersebut harus memiliki kemampuan mengatasi berbagai guncangan akibat arus globalisasi dan perkembangan iptek yang kian cepat.
Apabila pengaruh ini tidak dapat kita atasi maka akan berdampak pada terkikisnya budaya lokal dan karakter bangsa terlebih lagi akan memperparah degradasi moral para generasi muda. Sebagai sebuah refleksi bagi kita terhadap ganasnya perubahan gelobal yang tidak mampu kita filter adalah maraknya kasus tawuran, kekeran sosial maupun prilaku konsumtif di kalangan generasi muda yang kian tidak terkendali.
Mengantisipasi dampak arus globalisasi ini perlu adanya perubahan kearah yang lebih positif dengan menumbuhkan pendidikan berkarakter. Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya preventif yang dapat kita lakukan dalam waktu jangka panjang untuk menjaga kearifan budaya lokal dan karakter bangsa. Sebagai masyarakat Bali yang memiliki kearifan budaya lokal, kita harus menyadari pentingnya pendidikan karakter bagi masyarakat maupun generasi muda Bali. Dalam tahap implementasinya pendidikan karakter dapat diawali melalui kesadaran diri sendiri dan niat untuk berubah ke arah yang lebih positif serta kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar juga amat berpengaruh pada karakter seseorang.
Berbagai aktifitas positif  dapat dilakukan untuk mengasah karakter ke arah yang lebih positif seperti mengikuti kegiatan work-shop, kewirausahaan, kegiatan olah raga, karya tulis, maupun kegiatan sosial masyarakat. Pada implementasinya pendidikan karakter dalam kehidupan merupakan komitmen seluruh sektor kehidupan, tidak hanya pemerintah tapi terlebih lagi pada dunia pendidikan, baik formal maupun informal serta seluruh lapisan masyarakat. Sehingga perlu upaya kerja sama berbagai pihak untuk menumbuhkan karakter-karakter yang memiliki kecerdasan intelektual maupun emosional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar