Kamis, 09 Agustus 2012

Pendidikan Agama Hindu Untuk Siswa SMP Negeri 2 Pupuan




Dengan melihat keadaan jumlah siswa yang beragama Hindu di SMP Negeri 2 Pupuan adalah 99% lebih, dari sejak awal berdirinya SMP negeri 2 Pupuan tahun 1986 hingga tulisan ini dibuat,  maka hanya Pendidikan Agama Hindu yang diajarkan di SMP Negeri 2 Pupuan guna memenuhi kewajiban SMP Negeri 2 Pupuan untuk ikut membentuk generasi muda negara kita tercinta yang beriman, taqwa akan Penciptanya, berbudhi, serta berhaklak mulia.
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi  agama dalam kehidupan setiap pribadi jadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Pendidikan Agama Hindu di SMP Negeri 2 Pupuan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan serta berhaklak mulia serta meningkatkan potensi spiritual. Haklak mulia terdiri dari etika, budhi, pekerti dan moral sebagai wujud nyata dari pendidikan agama.
Pendidikan agama Hindu di SMP Negeri 2 Pupuan merupakan usaha yang dilakukan secara terencana dan berkelanjutan dalam rangka mengembangkan kemampuan para siswa SMP Negeri 2 Pupuan guna memperteguh keimanan  dan ketaqwaan kepada Tuhan / Sanghyang Widhi Wasa, serta peningkatan potensi spiritual sesuai dengan ajaran agama Hindu
Mata pelajaran Agama Hindu di SMP Negeri 2 Pupuan bertujuan agar para siswa SMP Negeri 2 Pupuan memiliki kemampuan ;
1.      Menumbuhkembangkan dan meningkatkan kualitas Sradha dan Bhakti melalui pemberian, pemupukan, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama
2.      Membangun insan Hindu yang dapat mewujudkan nilai-nilai Moksartham Jagathita dalam kehidupannya.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar