Kamis, 12 Desember 2013

AKTUALISASI VISI DAN MISI SMP NEGERI 2 PUPUAN


A.      PENDAHULUAN
1.       Latar belakang
Sekolah merupakan tempat yang dipercaya oleh masyarakat untuk mentransfer nilai – nilai dan ilmu pengetahuan kepada peserta didik yang pada nantinya dapat dipergunakan untuk membantu seseorang (peserta didik) dalam menjalani kehidupanya. Agar proses transfer nilai-nilai dan ilmu pengetahuan tersebut dapat berjalan dengan baik, jelas dan terarah, maka sekolah sebagai lembaga pendidikan wajib memiliki visi dan misi sekolah.
SMP Negeri 2 Pupuan telah menetapkan visi dan misinya yang kita kenal dengan slogan “Cerdas, Beriman, Kreatif dan Peduli”  
Pertanyaannya adalah sudahkah slogan yang indah, singkat dan padat itu dapat di aktualisasikan..? Apakah semua itu hanya sebuah pajangan untuk memenuhi permintaan atasan..? Atau sebagai hiasan dinding belaka..? Bagaimanakah wujud aktualisasi dan implementasinya..? Inilah suatu masalah yang harus kita carikan jawabannya.
2.       Rumusan Masalah
Upaya aktualisasi visi dan misi SMP Negeri 2 Pupuan.     
3.       Tujuan
Untuk mendapatkan langkah-langkah konkret dalam mengaktualisasikan visi dan misi sekolah SMP Negeri 2 Pupuan.

B.      PEMBAHASAN
Pengertian VISI menurut para ahli:
·         Dewi Pratiwi dan Irawan Senda
Visi merupakan gambaran mengenai skenario masa depan yang ingin kita wujudkan
·         Agus Suryo Sulaiman
Visi adalah kekuatan pikiran anda yang memberi gambaran hidup anda secara lengkap dan menyeluruh
·         JIM TEHUSIJARANA
Visi adalah kunci dasar yang menentukan apakah kita berjalan ke arah impian kita atau tidak. Dengan kata lain, visi adalah kompas perjalanan karier kita. Tidak memiliki visi, sama dengan mencari arah tanpa kompas

Berdasarkan pendapat para ahli tentang visi tersebut diatas maka penulis berpendaapat bahwa visi merupakan suatu cita-cita yang ideal yang ingin diwujudkan oleh sebuah lembaga yang merupakan  output dari sebuah proses yang dilakukan.
Manusia yang  Cerdas, Beriman,Kreatif dan Peduli itulah sebuah cita-cita ideal yang ingin diwujudkan oleh SMP Negeri 2 Pupuan.
Manusia yang cerdas adalah manusia yang memiliki ketajaman pikiran dalam berbagai ilmu pengetahuan. Dengan pengetahuan diharapkan manusia mampu melakukan apa saja yang mereka inginkan termasuk mengatasi segala persoalan dalam menjalani hidupnya.
Manusia yang beriman adalah manusia yang taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang diajarkan oleh agama yang dianutnya.
Manusia yang kreatif adalah manusia yang selalu mengaktualisasi dirinya dalam bentuk ide, gagasan dan inovasi dalam mengembangkan kualitas hidupnya.
Manusia yang Peduli adalah manusia yang tanggap atau perhatian terhadap situasi sosial yang ada dalam lingkungannya.
Untuk mengetahui sejauh mana aktualisasi visi dan misi SMP Negeri 2 Pupuan marilah kita jawab pertanyaan berikut :
1. Sudahkah peserta didik SMP Negeri 2 Pupuan Cerdas..? (Menguasai pengetahuan yang diajarkan)
2. Sudahkah Peserta didik SMP Negeri 2 pupuan Beriman..? (Sesuai ajaran agama yang dianutnya)
3.       Sudahkah peserta didik SMP Negeri 2 Pupuan Kreatif..? (Ide, gagasan dan inovasinya)
4.       Sudahkah peserta didik SMP Negeri 2 Pupuan Peduli..? (perhatian terhadap lingkungannya)

            Untuk mengetahui tingkat kecerdasan peserta didik SMP Negeri 2 Pupuan, bisa kita lihat dari prestasi yang  didapat dari berbagai uji kompetensi terhadap pengetahuan yang di ajarkan mulai dari nilai ulangan harian, nilai UTS, nilai akhir semester, nilai US, nilai UN dan berbagai kegiatan lomba akademis yang pernah diikuti. Jika kita lihat prosentasenya, secara umum prestasi SMP Negeri 2 Pupuan masih belum memuaskan.
            Untuk mengetahui tingkat keimanan peserta didik SMP Negeri 2 Pupuan, bisa kita lihat dari banyaknya pelanggaran prilaku yang dilakukan seperti kasus perkelahian, kasus pencurian,banyaknya siswa yang berhenti sekolah sebelum ujian akibat dari hubungan cinta yang melewati batas dan belum mampunya siswa menjalankan ibadah (Puja Tri Sandya) secara mandiri.
            Untuk mengetahui tingkat Kreatifitas peserta didik SMP Negeri 2 Pupuan, bisa kita lihat masih minimnya ide, gagasan dan inovasi yang dilakukan siswa yang seharusnya diperankan oleh jajaran pengurus osis.
            Untuk mengetahui tingkat kepedulian peserta didik terhadap situasi lingkungannya bisa kita lihat betapa tidak terjaganya sarana kebersihan sekolah, sampah berserakan disana-sini, alat kebersihan yang disediakan tidak terawat dengan baik.
            Upaya – upaya yang telah dilakukan oleh jajaran management Sekolah yang dimotori oleh Kepala Sekolah selaku pimpinan tertinggi yang dibantu oleh beberapa petinggi Sekolah mulai dari penyusunan sistem ,pembuatan berbagai bentuk aturan,tata tertib,pembagian tugas ,peringatan teguran,himbauan dan lain sebagainya namun semua itu belum bisa berjalan maksimal dengan kata lain belum mencapai hasil yang memuaskan.
            Melihat kondisi yang seperti ini penulis mencoba menawarkan langkah – langkah konkrit  untuk mengaktualisasikan Visi dan Misi SMP Negeri 2 Pupuan Sbb :

1.       Tunjukkan keteladanan dari semua pihak mulai dari Kepala Sekolah ,Guru,Pegawai ,Komite termasuk didalamnya Orang tua Siswa
2. Tegakkan aturan dengan tegas kepada semua pihak mulai dari Kepala Sekolah,Guru,Pegawai dan Siswa
3.       Berikan sangsi yang tegas kepada semua pihak yang melakukan pelanggaran mulai dari Kepala Sekolah,Guru,Pegawai dan Siswa
4.       Berikan Reward kepada semua pihak yang telah menunjukkan dedikasinya sesuai dengan tupoksinya masing – masing
5.       Siapkan pasilitas yang memadai untuk mendukung segala bentuk aktifitas Sekolah

Kita semua menyadari langkah – langkah tersebut gampang untuk diucapkan namun sangat sulit untuk diimplementasikan namun setidaknya untuk saling mengingatkan diantara kita  agar cita- cita yang tertuang dalam Visi dan Misi di SMP Negeri 2 Pupuan bisa kita wujudkan.

C.PENUTUP

1.       Simpulan
Visi dan misi sekolah adalah cita – cita idial yang ingin diwujudkan  sebagai output dari proses yang telah dilakukan.Manusia yang Cerdas,Beriman,Kreatif,dan Peduli itulah cita-cita SMP Negeri 2 Pupuan yang ditawarkan kepada peserta didiknya kelak setelah menjalani proses yang diwujudkan dalam berbagai aktifitas di Sekolah.
Untuk mencapainya tentulah dibutuhkan langkah – langkah konkrit yang harus dilakukan oleh semua warga sekolah diantaranya :

1.       Keteladanan
2.       Penegakan aturan yang tegas
3.       Pemberian sangsi kepada yang bersalah
4.       Pemberian Reward
5.       Penyediaan pasilitas

2.       Saran
Penulis mengakui telah banyak yang dilakukan oleh sekolah dibawah pimpinan kepala sekolah dan jajarannya namun hasilnya belum memuaskan untuk itu kepada semua pihak marilah kita bersama –sama tunjukkan komitmen, loyalitas dan dedikasi kita, hindari sikap saling menyalahkan, kita tingkatkan aktualisasi dan implementasi Visi dan Misi SMP Negeri 2 Pupuan (BIPAN NILARING AWIDYA )



Oleh : I Gusti Ketut Okajaya  S.Pd.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar