Kamis, 12 September 2013

" Lambang OSIS "



Walau sudah lama istilah OSIS menggema di telinga para siswa, khususnya siswa dari  Sekolah  Tingkat  Pertama dan  siswa di   Sekolah Lanjutan Tingkat Atas sejatinya  tidak serta merta mereka itu semua tahu, apa kepanjangan dari OSIS?.  OSIS itu  merupakan suatu singkatan yang berjenis akronim, dengan kepanjangannya  “ Organisasi Siswa Intra Sekolah”. Merupakan satu-satunya organisasi resmi para siswa di sekolah-sekolah, dengan  salah satu tujuannya adalah  secara tidak langsung mengajarkan  kepada siswa untuk dari sejak dini belajar berorganisasi. Suatu orgnisasi tentu memiliki lambang, demikian juga dengan OSIS. 


Suatu lambang tentu terdiri dari gabungan beberapa gambar, dan masing-masing dari gambar itu memiliki suatu arti yang pada ujungnya arti dari semua gambar itu amat diharapkan dapat memberikan efek baik kepada para anggotanya. Khusus lambang OSIS memeliki arti sbb. ;

1.                  Bunga bintang sudut lima, dan lima kelopak daun bunga >  Generasi muda adalah bunga harapan bangsa  dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian bentuk jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi warga negara yang baik  dan berguna. Kelima jalan itu dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga : abdi, adab, ajar, aktif, serta amal.
2.                  Buku Terbuka  > Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan  dan tehnologi, merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan  bangsa dan Negara.
3.                  Tangan Terbuka  > Kesediaan menolong orang lain yang lemah, sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan  dan pertolongan. Yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggungjawab.
4.                  Biduk  >  Biduk/perahu yang malaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik, yakni tujuan nasional yang dicita-citakan.
5.                  Pelangi merah putih  >  Tujuan nasional yang dicita-citakan adalah masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu kesatuan Negara RI yang sejahtra secara nasional dan spiritual.
6.                  17 butir padi, 8 lipatan pita, 4 buah kapas, dan 5 daun kapas  >  Proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia yang mengandung nilai-nilai perjuangan 45 yang mesti dihayati oleh para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa. Kemerdekaan yang telah diraih perlu diisi dengan partisipasi penuh para siswa.
7.                  Warna Kuning >  Sebagai dasar lambang merupakan warna kehormatan. Merupakan suatu kehormatan kalau generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa, dan Negara.
8.                  Warna Coklat  >  Warna tanah Indonesia, berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia.
9.                  Warna merah putih  >  Warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati nan suci dan berani membela kebenaran.—



Sumber  : Majalah  “wisata tantra”   edisi 2  “SMK pariwisata & TI Mengwitani”
                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar