Jumat, 10 Januari 2014

Musik Ansambel



Musik itu umumnya di sajikan untuk dapat menciptakan rasa senang kepada yang menikmati, ada proses aransemen sebelum hasil musik dapat disajikan kepada para pendengar/ penikmat musik.
 Ada yang namanya musik  ansambel, suatu jenis musik yang tersaji hanya dari permainan alat musik saja secara bersama – sama. Sedangkan sajian musik yang hanya memakai suara manusia secara bersama – sama namanya paduan suara / akapela.

Penyajian musik secara ansambel  terbagi menjadi dua :
1.      Ansambel sejenis  > merupakan permainan musik bersama dengan memakai satu jenis instrument  contohnya : sekelompok instrument gitar, atau biola.
2.      Ansambel campuran >  merupakan permainan musik bersama dengan menggunakan beberapa jenis instrument musik , contohnya :  gabungan permainan gitar, rekorder, dan pianika.

Ada semacam kegiatan menggubah musik lagu sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk orkes, kelompok musik, paduan suara. Sebuah musik yang telah diarensemen ulang sesuai dengan tujuan pertunjukan akan lebih bagus/indah terdengar karena telah disesuaikan dengan kebutuhan. Aransemen berasal dari bahasa Belanda, arrangement, yang artinya penyesuaian komposisi music dengan beberapa suara penyanyi atau instrument musik yang didasarkan pada sebuah komposisi  yang telah ada  sehingga esensi musiknya tidak berubah.  (pada sebuah lagu dibutuhkan komposisi yang harmonis dan seimbang antara arensemen lagu dan musik. )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar